Intip Tips Sukses Hamil dengan Program Bayi Tabung

Intip Tips Sukses Hamil dengan Program Bayi Tabung

Untuk pasangan yang sudah menikah dalam jangka waktu satu tahun, atau bahkan lebih, namun belum dikaruniai momongan terkadang merasa kebahagiaan belum lengkap. Untuk itu, bayi tabung dapat menjadi program yang tepat agar Anda bisa segera hamil dalam waktu dekat. Ada berbagai faktor yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan program kehamilan tersebut, seperti usia calon ibu karena akan sangat berpengaruh pada tingkat kesuburan.

Metode kehamilan di atas dilakukan dengan cara menyatukan sel telur dan sel sperma yang telah dipilih oleh dokter ke laboratorium, sampai terjadi pembuahan dan membentuk sebuah embrio. Setelah itu, embrio akan dipindahkan ke rahim calon ibu, agar dapat berkembang menjadi janin sampai tiba waktu melahirkan. Dalam beberapa kasus, sel telur dan sperma tersebut juga bisa Anda dapatkan dari pendonor jika kondisi kesehatan Anda dan pasangan tidak memungkinkan.

Program bayi yang pembuahannya di dalam laboratorium ini, dinilai dapat meningkatkan peluang bagi para pasangan mendapatkan momongan dalam kondisi sehat tanpa ada perlu dikhawatirkan. Selain itu, agar program bayi tabung yang Anda lakukan bersama pasangan sukses berjalan lancar, berikut ada beberapa tips penting yang harus Anda lakukan, antara lain:

  • Konsultasi.

Melakukan konsultasi ke dokter kandungan merupakan langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum memutuskan untuk menjalani program kehamilan dengan cara tersebut. Dokter akan memberi arahan dan membantu keputusan mengenai langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan.

  • Pemeriksaan kesehatan.

Anda dan pasangan nantinya harus melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh untuk mengetahui gambaran tentang kondisi fisik dan tingkat kesuburan. Pemeriksaan ini mulai dari fisik sampai berbagai tindakan periksa penunjang lain seperti kualitas sel telur pada wanita dan sel sperma pada pria.

  • Asupan nutrisi.

Pasangan yang akan menjalani program kehamilan diwajibkan menjaga asupan nutrisi agar tubuh dapat memenuhi gizi seimbang seperti memperbanyak konsumsi sayur dan buah, kalsium, protein dan olahan ikan yang mengandung omega 3.

  • Menjalani pola hidup sehat.

Hindari semua jenis paparan zat kimia seperti asap rokok yang dapat berpengaruh pada tingkat kesuburan. Terlebih lagi, pada pria kebiasaan merokok terbukti menurunkan kualitas sel sperma yang dapat berpengaruh pada keberhasilan program kehamilan yang sedang Anda jalani bersama pasangan. Pola hidup sehat lainnya yaitu memiliki waktu istirahat yang cukup dan rajin melakukan olahraga secara rutin.

  • Menjaga kondisi berat badan.

Berat badan terbukti memiliki pengaruh besar terhadap tingkat kesuburan dan kesehatan sel telur serta sel sperma. Untuk itu, sebaiknya Anda dan pasangan dapat mengatur pola makan sebaik mungkin agar selalu memiliki berat badan ideal.

Beberapa jenis olahraga yang dianjurkan untuk pasangan yang sedang menjalani program kehamilan adalah seperti yoga, berenang, jalan kaki, dan jogging. Hindari jenis olahraga berat maupun terlalu sering karena justru dapat berdampak kurang baik untuk kehamilan. Pastikan Anda dan pasangan juga memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat serta konsumsi berbagai multivitamin tambahan dengan resep dokter.

Demikian ulasan mengenai tips sukses hamil dengan program bayi tabung. Anda dapat menjadikan beberapa referensi berbagai tips di atas jika saat ini sedang menjalankan atau berencana mengikuti program mendapatkan momongan tersebut. Selain itu, beberapa cara di atas juga tidak memerlukan biaya yang mahal dan sudah pasti akan membantu menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan Anda bersama pasangan.